Welcome !! ^_^

Explore The World !! ^_^

Minggu, 08 Mei 2011

Cryptex



Cryptex adalah sebuah tabung kecil yang berguna untuk menyembunyikan pesan rahasia. Kata cryptex adalah kombinasi dari 'cryptology' ( kriptologi ) dan ' codex ( naskah kuno ). Kata cryptex diciptakan oleh Dan Brown dalam novelnya yang berjudul ' The Da Vinci Code '. Menurutnya nama ini sangat tepat karena mengandung ilmu kriptologi untuk melindungi informasi tertulis yang terdapat dalam gulungan .

Di dalam film ' The Da Vinci Code ' yang telah diangkat dari novelnya , Cryptex digambarkan sebagai sebuah batu silinder yang terdiri dari 5 buah marmer berbentuk piringan seperti cincin yang berjejer dan melekat satu sama lain . Tutup akhirnya membuat kita tidak akan bisa melihat kedalamnya . Setiap piringan diukir sesuai alfabet . Masing-masing piringan marmer dapat diputar secara individual . Dan hasilnya akan membentuk suatu kata yang merupakan code untuk membukanya .

Cryptex mungkin terlihat seperti kunci sepeda kombinasi atau juga bisa dilihat di beberapa koper . Jika code yang diputar benar , waaalaaaa , kita pun akan bisa membaca rahasianya . Dibagian dalam cryptex itu , gulungan tipis papirus ( kertas yang dipakai pada zaman kuno ) disembunyikan dan diselimuti oleh tabung kecil yang gampang pecah dan berisi cuka sebagai pengamannya . Nah , jika seseorang yang tidak tahu codenya dan memaksa membukanya , tabung cuka itu akan pecah dan membasahi papirus tadi , dan akhirnya ,,, TAARAA ... informasi rahasia itupun akan hilang untuk selamanya ... :(

Sungguh pengamanan yang sungguh ketat yaaa ...
Ya tapi , jika informasi yang disembunyikan betul-betul rahasia , ya memang pantas lah ! :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar